Selasa, 03 Februari 2015

MANFAAT BUAH MENGKUDU


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  CIRI-CIRI BUAH MENGKUDU
Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 M. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3,8 M, pohon mengkudu tidak begitu besar, batang bengkok, berdahan kaku, kasar dan memiliki akar tunggal yang tertancap dalam, kulit batang cokelat keabu-abuan atau coklat kekuning-kuningan dan tidak berbulu.
Ciri-ciri buah mengkudu adalah sebagai berikut:
1.      Buah
Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Buahnya bulat lonjong seperti telur ayam bahkan ada yang berdiameter 7-10 cm. Mula-mula buah berwarna hijau, menjelang masak menjadi putih kekuningan. Daging buah tersusun dari buah-buah berbentuk piramida, berwarna coklat merah setelah lunak.
2.      Daun
Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan, berdaun tebal mengkilap, ukuran daun besar-besar tebal, bentuknya jorong berukuran 15-50 x 5-17 cm, tepi daun rata, ujung lancip pendek, pangkal daun berbentuk pasak, urat daun menyirip.
3.      Bunga
Memiliki bunga bongkol berwarna putih, bunga mengkudu tumbuh diketiak daun. Bunganya berkelamin dua, mahkota bunga berwarna putih berbentuk corong, panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. Benang sari tertancap dimulut mahkota. Bunga mengkudu mekar dari kelopak seperti tandan warnanya putih dan harum.
4.      Biji
Warna biji hitam, terdapat albumen yang keras dan ruang udara tampak jelas. Biji mengkudu memiliki daya tumbuh tinggi walaupun  disimpan  selama  6 bulan,  kecembah muncul 3-9 minggu setelah biji disemaikan. Pertumbuhan biji mengkudu tergolong cepat bisa mencapai ketinggian 1,2-1,5 M.

1.2.  ASAL-USUL BUAH MENGKUDU
Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara yaitu Indonesia. Asal-usul buah mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap dikepulauan Fasifik.
Sejak 1500 tahun penduduk ini mengenal buah mengkudu dengan sebutan noni. Mereka memandangnya sebagai buah yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Buah mengkudu banyak juga ditemukan ditempat daerah kita yaitu Aceh. Sebenarnya sejak dulu masyarakat Indonesia sudah menggunakan buah mengkudu sebagai bahan pengobatan dan menjaga stamina tubuh. Para peneliti kini berhasil membuktikan bahwa buah mengkudu bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Mengkudu dalam bahasa Aceh “Keumeudee”, Jawa “Pace”, Sunda “Kemudu”, Madura “Kodhuk”, Bali “Tibah”, Nono “Tahiti”, Afrika “Bumbo”, Fiji “Kura”, India “Indian Mulbery”. Di Indonesia sampai saat ini dikenal sekira 20 jenis pohon mengkudu, antara lain Mengkudu Tanah Merah, Mengkudu Tanah Putih dan Mengkudu Bogor
1.3.  MANFAAT BUAH MENGKUDU
Secara tradisional masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Buah mengkudu ternyata dapat mengatasi berbagai macam penyakit tampak kita harus menjalani operasi atau mengkonsumsi obat-obatan biotic.
Para peneliti dari beberapa Universitas seperti Stanford, Hawaii, California, Meets Prancis juga membenarkan akan hal itu bahwa banyak kasus yang membuktikan bahwa manfaat mengkudu mampu menyembuhkan berbagai penyakit.
Orang yang biasa mengkonsumsi sari buah mengkudu akan mengalami tekanan darah yang normal, yang diungkapkan oleh Dr. Ralph Heinicke ( salah seorang ahli biokimia terkenal AS) mengatakan bahwa buah mengkudu berperan aktif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah mengkudu baik dengan cara langsung maupun dengan cara dibuat jus.
Menurut Neil Solomon, MD. PhD salah seorang peneliti kesehatan dari Negara Amerika mengatakan bahwa buah mengkudu mengandung zat sejenisScopoletin yang mempunyai manfaat untuk melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Bagian tanaman mengkudu yang sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya. Dalam buah mengkudu terkandung banyak sekali zat-zat yang sangat baik untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Zat Nutrisi
Adalah mengandung vitamin dan mineral

2.      Senyawa-senyawa penting, seperti :
Ø  Terpenoid yaitu berperan dalam proses sintesi organic
Ø  Scolopotin yaitu anti peradangan dan anti elergi
3.      Zat Anti bakteri
Yaitu berperan mematikan sejumlah bakteri
4.      Zat anti kangker
Yaitu berperan efektif melawan sel-sel dalam tubuh
5.      Zat asetil
Yaitu berperan dalam mematikan kuman dalam tubuh
6.      Zat moridon
Yaitu berperan dalam melancarkan buang air besar
7.      Zat sorarijidiol
Yaitu berperan dalam melancarkan buang air kecil
8.      Zat terpenes
Yaitu dapat meremajakan sel-sel pada tubuh
9.      Zat hipokelemestik
Yaitu dapat menurunkan lolesterol dalam darah

Buah mengkudu, meskipun buahnya tidak enak tetapi buah ini banyak manfaatnya untuk kita, antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Mempu meningkatkan daya tubuh kita karena kaya akan antioksida alami
2.      Membantu mencegah akan menyebarnya sels-sel kangker
3.      Mampu mencegah tumor
4.      Sebagai obat cacing
5.      Mampu mengobati sakit perut
6.      Mampu mengobati batuk dan demam
7.      Sebagai obat pereda rasa nyeri
8.      Merupakan salah satu zat anti bakteri
9.      Membantu menormalkan tekanan darah
10.  Sebagai zat anti peradangan dan anti elergi
11.  Membantu mengatur fungsi sel-sel dalam tubuh
12.  Membantu regenari sel-sel jaringan tubuh yang rusak
13.  Menjaga kesehatan jantung
14.  Mengurangi kegemukan
15.  Meningkatkan system kekebalan tubuh
16.  Mengatasi diabetes
17.  Mengatasi cacar air
18.  Melancarkan saluran pencernaan tubuh
19.  Melancarkan buang air kecil dan besar
20.  Melembutkan kulit.

Selain manfaat untuk tubuh kita, buah mengkudu bisa dimanfaatkan juga untuk kecantikan. Manfaat buah mengkudu untuk kecantikan  antara lain yaitu :
1.      Menangani kulit kering
2.      Bisa menghilangkan sisik di kaki
3.      Menghindari rambut rontok
4.      Menghilangkan ketombe.
Para peneliti Jepang yaitu Hiramatsu, Imoto, Koyano berhasil mengisolasi senyawa Damnacanthal dari buah mengkudu yang berfungsi sebagai anti kangker. Adanya senyawa ini dalam buah mengkudu menjadikan buah mengkudu sebagai obat alternatif. Selain sebagai senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, tanaman mengkudu terutama buahnya mengandung berbagai vitamin seperti : Vitamin C, Protein, Enzim, Garam-garam mineral.
Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksida yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, buah mengkudu juga dapat digunakan untuk obat awet muda.
Selain buahnya, biji mengkudu juga dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan biji mengkudu dengan mengisolasi minyak dari biji mengkudu tersebut. Minyak mengkudu banyak digunakan untuk bahan baku sediaan kosmetik, lilin dan massage oils. Minyak mengkudu juga berkhasiat dalam menghaluskan kulit dan membantu pada proses peremajaan kulit.
Selain buah dan biji, daun mengkudu juga bisa dimanfaatkan antara lain sebagai berikut :
1.      Menyembuhkan penyakit ambient
2.      Menguatkan kondisi badan yang sedang lemah
3.      Melangsingkan tubuh
4.      Melacarkan pencernaan
Untuk mengkonsumsi daun mengkudu ini kita bisa merebus daunnya beberapa saat dan meminumnya secara rutin setiap hari. Mengkonsumsi dengan cara ditumbuk halus, kemudian peras dengan air hangat dan langsung diminum perasan tersebut untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat.












BAB II
PENUTUP

2.2.  KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat buah mengkudu untuk tubuh kita, berbagai macam penyakit bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah mengkudu tanpa harus melakukan operasi lagi. Selain bermanfaat untuk tubuh kita, buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Seiring perkembangan zaman yang begitu cepat kini orang sering menggunakan bahan kimia untuk mengatasi atau mengobati beberapa penyakit, mereka tidak mengetahui bahwa buah mengkudu lebih baik dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
Tapi, kini buah mengkudu atau siburuk rupa bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit dengan cara dibuat masakan, dimakan langsung, atau dibuat juice yang dicampur madu.
Maka dari itu, sekarang kita telah mengetahui kenyataannya bahwa buah mengkudu sangat banyak manfaatnya, bukan hanya buahnya saja, tapi biji dan daunnya juga memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan kita.

2.2.  SARAN
Saya sebagai penulis makalah ini mempunyai beberapa saran untuk pembaca, yaitu sebagai berikut :
1.      Mari kita melestarikan buah mengkudu, karena buah mengkudu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.
2.      Jangan menganggap remeh buah mengkudu, meskipun buahnya jelek seperti itu, namun buahnya mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh kita.
3.      Dengan adanya ulasan ini, semoga tanaman mengkudu disekitar kita tidak terabaikan lagi, meski sebelumnya kita tidak mengetahui apa khasiat dari tanaman tersebut.
4.      Sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas sebaiknya kita lebih sering melakukan beberapa penelitian terhadap semua tanaman yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya, agar kita tidak selalu mengkonsumsi obat yang berbahan kimia, tetapi dari bahan alami seperti buah mengkudu.




BAB III
DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Romadi, Yuli Kusumawati. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 3 kelas 12. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Adi Abdul Somad, Aminudin, Yudi Irwan. 2008. Aktif dan Kreatif berbahasa Indonesia kelas 12. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Arsjad, Maidar G Mukti V. S. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Operamini. Google. Manfaat Buah Mengkudu.

1 komentar:

  1. Best Online Slots | DrMCD
    There are several things 대구광역 출장안마 that differentiate an online 청주 출장안마 slots game from the typical slots 서귀포 출장안마 game. The most important is finding the right slot. A slot 진주 출장안마 game requires  Rating: 5 사천 출장마사지 · ‎3 votes

    BalasHapus